Adabul Insan (Kelakuan Yang Terpuji Bagi Manusia)

By argimargie   Posted at  Januari 24, 2016   Book No comments

Alhamdulilah majlis ta'lim kecil-kecilan yang saya dan temen-temen laksanain kurang lebih tiga tahun ini masih berjalan. Walaupun masing-masing punya kesibukan baik dari kerjaan ataupun kuliahan, seenggaknya kita masih berusaha ngeluangin waktu tiap dua minggu sekali buat menuntut ilmu. Seiring waktu berjalan, emang makin terasa beratnya cobaan buat ngaji. Dimulai dari rasa males, capek dan seperti yang saya alamin tadi yaitu hujan deras yang mengguyur sekitaran kampung dari sore.

Baru sekarang ini kepikiran share isi dari kitab yang saya pelajari dari apa yang disampaikan oleh guru. Jadi sekarang kami sedang mempelajari kitab yang bernama Adabul Insan karangan Al-habib Usman bin Abdullah bin Aqil bin Yahya Al-Alawi. Waktu itu selepas habisin kitab Irsyadul Anam tentang Fiqih, sesuai masukan dari guru dan diskusi bareng temen-temen akhirnya kita pilih belajar soal Aqidah dan Akhlak. Dan guru rekomendasi kitab Adabul Insan ini yang ternyata harganya sangat-sangat diluar nalar saya. Pas sampe ke toko buku langganan langsung dapet ini kitab seharga Rp 2.500,-, emang tipis sih ngga tebel malahan cuma belasan halaman kira-kira. Tapi isi dari kitabnya berat euy buat dipraktekin dan dilakuin sehari-hari.

Adabul Insan artinya sesuai yang tertera di mukaddimah kitab yaitu Kelakuan Yang Terpuji Bagi Manusia. Karena perubahan zaman yang begitu cepet sekarang-sekarang ini, pastinya berpengaruh juga ke perilaku manusia yang ada dizamannya. Makanya demi menjaga harkat dan martabat????????.  Makanya saya setuju banget banget mempelajari kitab ini dan ketika yang punya toko bilang "tinggal sisa 5 biji bukunya mas" saya langsung bilang "yaudah gapapa bu saya ambil semua" padahal itu masih kurang buat dipake sama temen-temen waktu pengajian.

Talkin' bout Adab,, sebagai makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT dengan latar belakang gen dari Jawa, saya rasanya ingin belajar sedikit demi sedikit soal salah satu amalan yang susah buat dilakuin dalam hidup. Seperti yang saya tahu istilah Jawa itu berarti moral dan moral dalam bahasa Arab berarti Akhlak. Nabi Ibrahim diutus Allah SWT sebagai salah satu nabi yang berakhlak mulia, lalu di penghujung masa kenabian dilanjutkan oleh Rasulullah saw. Ada ucapan Rasulullah yang kurang lebih begini "Aku datang tidak lain untuk menyempurnakan Akhlak" (maaf ngga hapal sanadnya). Maka saya ngga heran kenapa Nabi Muhammad menjadi manusia yang paling mulia sampe kapanpun. Sehari-hari jutaan atau mungkin miliaran orang dibumi ini menyebut namanya baik dalam azan, sholat ataupun sholawat.

Lantaran soal Akhlak inilah, The Most Figure Person in My World jadi manusia terbaik pilihan Allah SWT. Karena ngga gampang bahkan terbilang berat menjaga adab baik dari kelakuan ataupun lisan terhadap sesama manusia didunia yang sehari-hari dijalanin. Sebagai fansnya Rasulullah, saya berusaha belajar dan terus belajar mengenai akhlak ini. Jika dipersenkan Rasullullah memiliki 100% sebagai pemilik akhlak terbaik, maka saya berharap bisa dapat mengikuti minimal 0,000001% persen darinya. Insyaallah....

Nantinya isi dari kitab ini mudah-mudahan bisa diposting per pasal/bab setelah ditranslate dari huruf gundul berbahasa Arab Melayu ke Bahasa.

About argimargie

Blog ini berisi semua hal yang terlintas dari isi kepala seadanya, lalu dituangkan dalam penulisan. In my opinion, hobi yang paling murah didunia ini adalah menulis dan membaca. Terima kasih udah mampir dan semoga bermanfaat....
View all posts by: argimargie

0 komentar:

Connected

© 2009-2023 In My Weird Brain. WP Mythemeshop converted by Bloggertheme9.
Powered by Blogger.
back to top