Jalan Malem Demi Wayang

By Argi Setyo Margie   Posted at  10:41:00   Random No comments


Tepatnya kemarin malam selesai latihan badminton, pas mau pulang pak lek ngomong "kowe ape melu nonton wayang ora le? ning tugu api taman mini". Sontak saya langsung kaget sambil mikir emangnya ada wayang ya sekarang. Heran juga kok pak lik tau aja jadwalnya setiap ada pagelaran wayang. Karena dia ternyata udah ditunggu rombongan, saya mutusin mau nyusul sendiri berangkatnya.

Sebetulnya ini udah yang kesekian kalinya nonton wayang ditaman mini tapi selalu rombongan bareng pakde, pak lik dan sepupu. Dan baru kali ini berangkat dewekan bawa motor. Singkat cerita saya baru tau lagi kalo sekarang biaya retribusi buat masuk ke taman mini Rp 10.000,-/motor, sekitar jam 12.00 sampe di lokasi. Suasananya rame bener mulai dari pedagang-pedagang wayang sampe tukang obat "apa tau" yang lagi koar2 dikelilingin orang2 di pelataran tugu api.



Suara gending gugur gunung sedang dibawakan sambil saya berjalan menuju rombongan pakde yang datang duluan. Jreng..jreng.. . kesampean juga nonton Ki Anom Suroto dan anaknya Ki Bayu Aji mentas lagi, karena ketinggalan saya jadi gak tau apa nama lakon yang dipentasin kemarin. Oiya acara ini adalah acara rutin kampus unindra setiap ada angkatan yang di wisuda tiap tahunnya. Biasanya dua kali dalam setahun kampus ini pasti nanggep wayang kulit. Jujur aja saya salut sekali sama kampus ini, walaupun saya tidak mengenyam pendidikan disana. Tapi mereka termasuk universitas yang melestarikan budaya indonesia khususnya budaya jawa. Pastinya bukan dengan biaya yang murah bisa mengadakan pertunjukan wayang ini apalagi untuk umum dan gratis pula.




Connected

© 2009-2016 In My Weird Brain. WP Mythemeshop converted by Bloggertheme9.
Powered by Blogger.
back to top